...TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR...

BERMINAT BISNIS JUALAN PULSA, BELI HP, KOMPUTER.... silahakan klik ISCOM

Sabtu, 02 Juli 2011

Intel Dual Core VS Core 2 Duo


Secara umum, dual-core adalah istilah untuk sebuah modul / paket prosesor dengan dua fisik CPU di dalamnya. Kebingungan yang muncul antara Intel core 2 duo dan Intel dual core, terutama disebabkan oleh istilah ‘bodoh’ yang diciptakan oleh Intel. Angka ’2′ dan kata ‘dual’ mungkin berarti sama dalam bhs Inggris, tetapi tidak serta merta membuat Intel core 2 duo vs Intel dual core memiliki arti yang sama.

Intel Pentium D CPU terdiri dari dua keping (die) Pentium 4 Prescott prosesor, masing2 berisi satu ‘core’ (prosesor) yang dipasangkan dengan core yang lain dalam sebuah paket multi-chip. Pentium D membutuhkan konsumsi daya yang relatif tinggi. Saat bekerja menghasilkan panas yang tinggi dan bukan pilihan yang baik buat orang2 yg gemar overclocking.

Intel Dual Core adalah CPU pertama buatan Intel yang menerapkan prinsip dual-core. Prinsip Dual-core menggunakan 2 (dua) ‘core’ dalam sebuah keping (die). Penggunaan dua ‘core’ dalam satu keping ini mengatasi masalah overheating yang ada di Intel Pentium D tanpa mengurangi kinerja-nya. Dalam bbrp referensi, ada yang menyebut Dual Core, ini dengan Core Duo (tanpa angka 2) yang dibuat dengan basis Pentium M (Pentium III-4 hybrid) yang dibuat khusus untuk komputer laptop.

Intel Core 2 Duo adalah prosesor generasi berikutnya dari Intel, yang dikembangkan dari awal dengan arsitektur yang benar2 baru yang dinamakan: Core. Dengan arsitektur baru ini, kinerja prosesor berjalan dengan lebih baik dan membuka kemungkinan untuk melakukan overclocking (super overclocker). Sejak dimulainya generasi Core ini, Intel sudah tidak lagi menggunakan istilah Pentium, untuk membedakan kedua buah generasi (arsitektur) Intel yang berbeda (Core dan Pentium).

AMD Athlon X2 CPU memiliki dua versi revisi, yang pertama bisa dibilang mirip dengan Intel Pentium D, dimana ada dua buah Athlon 64 chip disatukan, yang membuat konsumsi daya menjadi agak tinggi (sekitar 89 watt). Versi revisi kedua dibuat lebih efisien, seperti Intel Core Duo, dengan konsumsi daya yang lebih kecil (sekitar 65 watt).
Kesimpulannya dalam bahasa awam, kinerja prosesor Intel Dual Core berada di bawah Intel Core 2 Duo, sedangkan AMD Athlon X2 berada di antaranya. *Benar2 kesimpulan yang luar biasa disederhanakan :) *

Tidak ada komentar: