...TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR...

BERMINAT BISNIS JUALAN PULSA, BELI HP, KOMPUTER.... silahakan klik ISCOM

Sabtu, 08 Mei 2010

Pake Intel Celeron 2,4GHz, apa sih bedanya ama Pentium 2,4 GHz. Kok yg celeron lebih murah?

yup wajar aja celeron lebih murah dari pentium 4 karena pada celeron mempunya cache lebih kecil daripada pentium 4. biasanya cache untuk pentium 4 sebesar 512 kb s/d 1 mb, sedangkan celeron hanya punya cache 128 kb. ini sangat berperan penting untuk menjalan program berat ato multitasting pada pc anda. bagi yang suka ngerender sebaiknya jangan memakai prosesor celeron ini. untuk yang ingin membeli proc pentium 4 sebiknya pilih yang type A misal PIV 2,4A Ghz.

dari sejarah keluarnya aja, celeron biasa disebut prosesor krismon, soalnya keluarnya pas jamannya krismon dan emang harganya bisa separo dari pentium. Secara teknologi celeron adalah pentium yang sudah dikebiri beberapa kemampuannya, bukan hanya cache, terkadang beberapa fitur dan instruksi tidak disertakan, serta untuk clock yang sama, biasanya celeron cenderung lebih panas, karena proses fabrikasinya yang berbeda.

Untuk cache, cache adalah sejenis memory/penyimpanan yang memiliki kecepatan sangat tinggi yang sifatnya sementara dan static, jika RAM juga sementara namun RAM adalah jenis memory dinamis yang lebih lambat.

kalo dari segi kecepatan dan harga jenis2 memori adalah : register (tercepat, kecil, sangat mahal,statis, biasa dipengaruhi oleh bit prosesor), cache(cepat,lumayan kecil, mahal, statis, tergantung jenis prosesor), RAM(agak lambat, besar, murah, dinamis) , storage drive(HD dll) (lambat, sangat besar,lebih murah, dinamis).

Fungsi cache sebenarnya adalah menampung instruksi/task yang akan diproses oleh prosesor yang kemudian disalurkan ke register baru prosesor, semakin besar cache semakin cepat prosesor memproses task2, namun semakin mahal harganya.

kalo dari urutannya, ketika kita menjalankan suatu program : data/instruksi dibaca dari storage(HD) , ditampung ke dalam RAM, kemudian dari RAM diantrikan ke cache, kemudian ke register, baru diproses oleh prosesor, lalu register, cache, RAM dibebaskan, kemudian mulai memproses data lagi, kira-kira begitu

cache sebenernya memiliki tingkatan ada L1, L2, dan L3, tentunya L1 lebih cepat dibanding L2 dan L3, namun kapasitasnya lebih kecil. Kalo anda tau, mengapa AMD terkadang lebih cepat dibanding dengan Pentium4, karena meski L2 cache lebih kecil, namun L1 cache-nya lebih besar(itu cuman salah satu faktornya)

Tidak ada komentar: