...TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR...

BERMINAT BISNIS JUALAN PULSA, BELI HP, KOMPUTER.... silahakan klik ISCOM

Sabtu, 09 April 2011

Apa Yang di Maksud Dengan Pagefile ?


Pada sistem operasi Microsoft Windows pagefile adalah nama yang diberikan kepada sebagian dari hard disk disediakan untuk menambah Random Access Memory (RAM). Pagefile bertindak sebagai RAM virtual, atau memori virtual, untuk meningkatkan waktu akses untuk program dan data yang sering digunakan. Namun perlu diketahui bahwa jika anda menggunakan memori 2 GB keatas, sebenarnya pagefile sudah tidak penting lagi.

RAM merupakan daerah penyimpanan-cepat yang dirancang untuk meningkatkan waktu akses ke program dan file yang sering digunakan. Mengambil data dari RAM lebih cepat daripada mengambil dari hard disk. Ketika boot sistem komputer, banyak RAM yang digunakan agar sehingga sistem dapat bekerja lebih baik. Firewall, program antivirus dan perangkat lunak lain yang berjalan di latar belakang juga mengkonsumsi RAM. Itulah sebabnya jika RAM kecil akan membutuhkan bantuan dari pagefile HDD.

Ketika penggunaan RAM penuh, sistem akan meminta bantuaan dari hard drive. Caranya adalah dengan menggunakan ruang kosong pada hdd yaitu pagefile dengan ukuran tertentu. Data yang diakses sedikitnya terletak di RAM secara otomatis dipindahkan ke pagefile tersebut. Dalam versi Windows sebelumnya pagefile ini dikenal sebagai sebuah swapfile.

Jika pengguna memiliki begitu banyak proses dan program yang sedang dijalankan dan semua itu tidak bisa dijalankan dari RAM, overflow dijalankan dari pagefile itu sendiri. Namun satu kekurangan sistem ini adalah bahwa, akses pagefile ini terasa lebih lambat daripada akses RAM. Idealnya sebuah sistem memiliki RAM besar sehingga pagefile tidak diperlukan, meskipun beberapa program sedang bekerja maka pagefile akan membantu.

Ketika komputer mati, semua data dalam RAM akan hilang. Hal ini tidak berlaku bagi hard disk tentu saja. Isi Pagefile bisa diambil di lain waktu menggunakan perangkat lunak scan. Untuk alasan ini beberapa orang mengkonfigurasi komputer mereka untuk mencegah pembersihan pagefile ketika menutup Windows.

Tidak ada komentar: