...TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR...

BERMINAT BISNIS JUALAN PULSA, BELI HP, KOMPUTER.... silahakan klik ISCOM

Jumat, 03 Juni 2011

Ketika Komputer Diserang Virus


Saya punya cerita neh, cuma mo berbagi pengalaman dan curhat aja kok. Ini mengenai apa yang saya alami beberapa waklu yang lalu. Saya pernah menangani beberapa komputer dan laptop yang sudah dikuasai virus, nama virusnya saya gak tau pasti deh, yang pasti adalah pada waktu itu saya puyeng boanget, kenapa ngak, udah saya coba dengan beberapa anti virus gak berhasil.
Bukan anti virus yang gak update, ato anti virusnya yang gak hebat, tapi saya nya aja yang dodol gak cepat tanggap mengatasi masalah ini, maklum masih belajar, he..
Masalahnya begini, komputer tersebut tidak memiliki anti virus sama sekali, trus begitu virus masuk, maka virus akan dengan sangat mudah merajalela, karena tidak ada proteksi sedikitpun. Hal pertama yag ada dalam pikiran saya adalah memasukkan antivirus ke komputer dan laptop tersebut, padahal kalo sudah terdapat virus, pada umumnya anti virus sudah tidak bisa kita masukkan lagi. Tapi usaha tersebut tetap saya lakukan.
Pertama saya coba meng-copy-kan master antivirus lewat flasdisk, taunya master antivirus langsung di block ama virusnya, gagal deh. Trus saya coba dengan menggunakan CD, juga gagal karena sewaktu CD saya masukkan ke CD Room, langsung CD Room nya kebuka sendiri. Saya sempat mengira CD Room nya yang rusak, setelah saya ganti dengan CD Room lain, ternyata CD Room nya tetap kebuka sendiri.
Prediksi saya pada waktu itu adalah karena dalam flasdisk maupun CD tersebut terdapat nama file "Anti Virus". Saya coba mengganti nama master antivirus dengan nama lain, tapi tetap aja gak berhasil.
Akhirnya usaha terakhir saya adalah melakukan instal ulang windowsnya. Ambil booting dari CD Room, tapi tetap gagal, CD Roomnya langsung kebuka sendiri, gagal lagi deh...
Setelah berfikir sejenak akhirnya saya menemukan ide walo agak ribet...
Saya buka chasing komputer, saya ambil hardisknya, trus saya gandeng dengan komputer lain yang punya antivirus bagus, saya scan, trus ketemu deh ribuan virus. Weleh-weleh... seneng juga virusnya udeh ketemu. Setelah selesai scan virus, hardisknya saya pasangkan lagi ke komputer semula.
Alhasil virusnya dah ke hapus, tapi sayangnya windowsnya tidak berjalan secara normal, karena ada beberapa file windows yang terinfeksi virus, trus waktu scan, langsung kehapus deh. Tapi gak apa-apa, kita kan masih punya senjata terakhirnya teknisi komputer yaitu instal ulang windowsnya. (Itu kata teknisi komputer lho.. saya juga baru belajar)
Kalo tadinya saat instal windows tidak bisa booting dari CD Room, sekarang dah bisa lagi, karena virusnya dah dihapus semua
Nha itu sedikit pengalaman seorang pemula dalam dunia komputer ini, kalo pembaca mengalami hal yang sama mungkin bisa mencoba cara-cara diatas, tapi saya yakin kok pasti ada jalan yang lebih praktis lagi, jadi kepada para master mohon petunjuknya, sharing ilmunya dunk....

Tidak ada komentar: